12 Kepala Suku di Yahukimo Dilantik Bupati

Dekai -, Bertempat di gedung aula pendidikan distrik Dekai, Bupati Yahukimo Abock Busup melantik 12 kepala sukunya, selasa 21/2/2017.

Keduabelas kepala suku tersebut perwakilan dari suku Yali, Hubla, Kimyal, Momuna, Hubngal, Yali dan Meek, Unaukam dan Lani. Masing-masing terdiri tiga orang yang menjabat Ketua, Wakil ketua dan Sekertaris.

Bupati Abock Busup mengatakan tujuan dari pelantikan kepala suku itu adalah sebagai perpanjangan tangan dari Pemerintah karena Yahukimo adalah daerah yang beragam suku, bahasa dan budaya.

“Karena sering terjadi konflik antara suku, maka itu kepala suku yang saya lantik mereka ini agar kerja sama dengan aparat keamanan dan saling kerjasama, antara suku satu dengan suku lain, dalam menciptakan daerah kita yang aman dan tentram,” katanya.

Bupati Abok berharap kehadiran para kepala suku yang mewakili seluruh suku di kota Dekai itu dapat membantu pemerintah dan masyarakat mewujudkan Yahukimo yang aman, tentram, dan damai.

“Jika suatu saat masalah terjadi antara suku, harap bisa diselesaikan sendiri dulu di tingkat suku, tidak bawah ke pemerintah atau pihak kepolisian. Bapak-bapak kepala suku juga bisa menyelesaikannya sendiri melalui hukum adat,” harapnya.

Bupati menambahkan bahwa dalam kepemimpinannya patut bekerja sama dengan menjunjung tinggi 3 pilar yaitu agama, adat dan pemerintah harus sinergi. “Saya juga nanti undang suku nusantara dan kerukunan keluarga yang ada di tanah Papua ini, kita harus bersatu membangun Yahukimo” tutupnya.