Yahukimo -Riset Perijinan,Pemanfaatan Hutan dan Lahan

0
161

Kerjasama Climate and Land Use Alliance (CLUA) dan JERAT
Tentang Riset Perijinan, Pemanfaatan Hutan dan Lahan di Kabupaten Yahukimo
Januari – Juli 2013

Secara hukum Kabupaten Yahukimo ditetapkan melalui UU No.26 Tahun 2002. Dimekarkan pada tahun 2003 dari Kabupaten Induk yaitu Kabupaten Jayawijaya diresmikan pada tanggal 11 Desember 2013 dengan luas 17.152 Km2 . Nama YAHUKIMO merupakan singkatan dari empat suku besar di Kabupaten Yahukimo yang terbentuk dari penggabungan empat suku kata Ya, Hu, Ki, dan Mo. Empat suku kata ini berasal dari empat nama suku besar yang ada di Kabupaten Yahukimo.

Ya diambil dari nama suku Yali, Hu diambil dari nama suku Hupla, Ki dari nama suku Kimyal, dan Mo diambil dari nama suku Momuna. Namun nama Kabupaten Yahukimo kalau di lihat secara menyeluruh dan teliti mengandung nilai perekat suku-suku besar tersebut, namun pada saat yang sama nama Yahukimo berpotensi konflik karena suku Eipomek dan suku Una tidak dapat diakomodir dalam pembentukan nama Yahukimo. Pertama kali pembangunan menyentuh di kabupaten ini adalah sejak para Misionaris Barat dan dibantu orang-orang Papua dari wilayah-wilayah pesisir pantai Utara melalui pelayanan Gereja Kristen Injili di Tanah Papua dan suku Lani terutama dari Gereja Injili di Indonesia (GIDI) dan Gereja Baptis (sekarang Persekutuan Gereja-Gereja Baptis Papua).

Lembaga Misi yang pernah melayani seperti The Evangelical Church in the Rhineland, The Evangelical Church of Westphalia, RBMU, APCM, UFM. Tokoh misionaris yang terkenal melayani di wilayah ini salah satu diantaranya adalah Pdt.Dr. Siegfried Zollner yang melayani sejak 1960-1973. Secara berkesinambungan gereja dipercaya oleh misionaris membangun masyarakat di wilayah Yahukimo, terutama dari gereja GIDI dan GKI di Tanah Papua.

Sejak dimekarkan pada tahun 2003 hingga tahun 2013 telah terdapat 51 distrik (kecamatan) dan 518 kampung dan 1 kelurahan. Dari data Yahukimo Dalam Angka 2012 4 Distrik (kecamatan) yang mempunyai luasan lebih dari 3% dari total luasan kabupaten, yakni : Distrik Kurima, Dekai, Kanggema dan Silimo. Distrik Kurima merupakan daerah terluas, yaitu 605 km2 atau 3,53 % dari luas wilayah Kabupaten Yahukimo. Sedangkan Distrik Duram merupakan Distrik dengan wilayah terkecil,yakni 100 km2 atau 0,58 % dari luas Kabupaten Yahukimo.

Baca selengkapnya …..DOWNLOAD : Jerat Papua – YAHUKIMO 2013 (perijinan)