JERAT Papua, Pelatihan Database

0
93

5Bertempat di kantor Jaringan Kerja Rakyat (JERAT) Papua, selama 2 hari ( 24-25 Januari 2014 ) telah berlangsung pelatihan database. Hari pertama untuk staf Jerat, dan hari kedua untuk Mitra Jerat yang dalam hal ini di ikuti oleh Yayasan Anak Dusun Papua ( YADUPA ) Pusat dan Cabang Balim serta Yayasan YASWARI Supiori.

Menurut Markus Imbiri, nara sumber yang juga adalah Kordinator Unit Database – Informasi dan Publikasi Jerat Papua, bahwa pelatihan ini selain bermanfaat bagi sistem pengarsipan file, dokumen dan data, tapi juga sistem database yang terbangun dapat mengurangi penggunaan kertas, sebagai wujud kepedulian terhadap kondisi hutan Papua yang semakin hari semakin rusak sebagai akibat dari masuknya investasi-invsetasi besar di Tanah Papua serta menjamurnya pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) yang membutuhkan pembukaan areal hutan yang luas. Pelatihan database ini juga menjadi ruang untuk membangun jaringan kemitraan dengan lembaga lain, terutama Yadupa dan Yaswari yang terlibat sebagai peserta dalam pelatihan ini untuk kepentingan  sosialisasi dan kampanye  perlindungan hutan di Tanah Papua.

      Pelatihan berlangsung baik sampai selesai dan ditutup pada Sabtu sore, 25 Januari 2014. Pada suasana penutupan kegiatan pelatihan itu salah seorang peserta, Herman Swom dari Yaswari Supiori atas nama peserta yang lain meminta kepada pihak Jerat untuk membuka diri bilama mereka butuh memperdalam pengetahuan tentang sistim database dan pembuatan serta pengelolaan website, maka mereka akan langsung datang ke Jerat untuk meminta petunjuk tentang hal-hal yang mereka kurang pahami. ( ENDI ).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here