Aliansi untuk Iklim dan Pemanfaatan Lahan

0
117

Ikhtisar Singkat

Misi dari Aliansi untuk Iklim dan Pemanfaatan Lahan (Climate and Land Use Alliance – CLUA) adalah untuk mewujudkan potensi-potensi yang terkandung dalam lanskap hutan dan pertanian dalam memitigasi sebab-sebab perubahan iklim, memberikan manfaat untuk masyarakat, dan melindungi lingkungan hidup. Aliansi ini beranggotakan ClimateWorks Foundation, David and Lucile Packard Foundation, Ford Foundation, serta Gordon and Betty Moore Foundation. Masing-masing anggota Aliansi membawa keunggulan perspeksi dan prioritas organisasi yang unik dalam membangun strategi CLUA dan rencana pelaksanaannya. Margaret A. Cargill Foundation bekerja selaras dengan kebijakan CLUA serta mendukung berbagai strateginya melalui penerapan kegiatan-kegiatan di daerah-daerah khusus yang dipilih. Melalui kebijakan-kebijakan dan praktik-praktik yang benar, perubahan dalam praktik pemanfaatan lahan dapat:

  • Menghasilkan pengurangan emisi yang substansial dengan pembiayaan yang efektif
  • Memberikan berbagai peluang pembangunan sosial dan ekonomi yang berkelanjutan
  • Meningkatkan penghidupan dan daya kontrol atas sumberdaya alam oleh masyarakat yang bergantung pada hutan, termasuk masyarakat adat dan petani perkebunan kecil
  • Memberikan manfaat lingkungan dan sosial yang saling menguntungkan, termasuk perlindungan keragaman hayati, penurunan polusi udara dan air, dan perlindungan daerah aliran sungai, yang juga akan meningkatkan daya lenting daerah dan regional dalam menghadapi dampak perubahan iklim.

clua_logo

Saat ini, strategi-strategi CLUA dikelompokkan dalam empat prakarsa yang berfokus pada daerah geografis (Brasil, Indonesia, Meksiko dan Amerika Tengah, dan Amerika Serikat) dan satu Prakarsa Global yang berfokus pada kebijakan publik-swasta dan kebijakan pendanaan internasional. Para anggota tim kami yang berasal dari berbagai lembaga menyumbangkan beragam keahlian dalam mengembangkan dan memelihara hubungan yang kuat dengan para mitra – mulai dari para mitra penerima hibah dan kontraktor sampai lembaga donor, lembaga pemerintah dan sektor swasta. Kami mengutamakan intervensi strategis, yang bertujuan mengisi celah-celah penting, dan berkolaborasi dengan berbagai pihak.
CLUA menghadapi suatu lanskap global yang rumit. Berbagai perundingan internasional di bawah proses Kerangka Kerja Perubahan Iklim PBB (United Nations Framework Convention on Climate Change – UNFCCC) terlalu lamban dan jika bekerja sendirian maka UNFCCC tidak akan pernah meraih tujuan awal yang dimandatkan pada saat didirikan – “stabilnya konsentrasi gas rumah kaca dalam atmosfer pada suatu tingkat yang dapat mencegah campur tangan manusia (anthropogenic) yang berbahaya (dan mempengaruhi) dalam sistem iklim” – atau tugas yang terkait dengan pemanfaatan lahan yang lebih khusus dimana UNFCCC memiliki komitmen untuk “memperlambat, menghentikan, dan membalikkan hilangnya hutan penutup dan karbon.”  >> Selengkapnya<<