World Environment Day, Pentingnya Melindungi Ekosistem Pesisir dan Dampak Perubahan Iklim

0
134

10390538_876062782410362_4000502620953279893_n

“Kita tidak mewarisi bumi dari nenek moyang kita,melainkan meminjamnya dari anak-anak kita”
(Persibahasa Suku Indian)

JERAT PAPUA (5/6-2014). UNEP (United Nations Environment Programme; Badan Lingkungan Hidup Dunia). Dalam penyelenggaraannya di tahun 2014 ini, mengangkat tema peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Day) terkait penetapan tahun 2014 sebagai International Year of Small Island Developing States (SIDS; Tahun Internasional untuk Pulau Kecil Negara Berkembang) yang terkait dengan dampak perubahan iklim. Pada tahun ini, UNEP melakukan voting pemilihan tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Dari lima tema yang diangkat, pada penutupan voting (5 Maret 2014) tema “Raise your voice, not the sea level” terpilih menjadi tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2014. (www.unep.org)

logo-hari-lingkungan-hidup-2014

“Raise your voice, not the sea level” “Satukan Langkah, Lindungi Ekosistem Pesisir dari Dampak Perubahan Iklim.”

Menteri Lingkungan Hidup, Balthasar Kambuaya, dalam sambutannya seperti yang dikutip dari Nabire.Net,   dikatakan : Indonesia adalah negara maritim yang terdiri dari 17.504 pulau, termasuk lima pulau besar, yaitu Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.Wilayah pesisir dan laut Indonesia memiliki arti penting tersendiri, karena sekitar 30 persen mangrove dan terumbu karang terbaik dunia berada di Indonesia, sekitar 85 persen sumber daya ikan Indonesia berasal dari perairan pesisir. Juga sekitar 60 penduduk Indonesia hidup di wilayah pesisir, sekitar 65 persen kabupaten/kota terletak di kawasan pesisir, sekitar 26,5 persen kontribusi terhadap PDB nasional dan sektor kelautan dapat menampung lebih dari 16 juta tenaga kerja.

Sejalan dengan pesatnya kegiatan pembangunan, permasalahan lingkungan hidup dari hari kehari dirasakan semakin kompleks, terutama dampak perubahan iklim yang antara lain menyebabkan peningkatan suhu permukaan bumi yang mengakibatkan naiknya permukaan air laut. Hal ini akan berdampak langsung terhadap kondisi pesisir dan laut serta keberadaan sejumlah pulau-pulau kecil yang ada dalam gugusan kepulauan Indonesia.

Oleh karena itu, selaras dengan Tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2014, Menteri Lingkungan Hidup berpesan agar melalui peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2014 kali ini, bisa memberikan kesadaran kepada masyarakat atas pentingnya perlindungan ekosistem pesisir dan dampak perubahan iklim dalam rangka ketahanan lingkungan.

(JERAT : M.Imbiri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here