Enam Mahasiswa PKN STIKOM Jayapura “Di JERAT”

0
309

Jayapura, 16/2/2015. Dalam rangka penyelesaian semester akhir, Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Muhammadiyah Jayapura melaksanakan Praktek Kerja Nyata (PKN). PKN yang terjadwalkan dari 16 Februari hingga 9 Maret 2015 diikuti oleh 135 orang mahasiswa yang terdiri dari 11 mahasiswa jurusan Hubungan Masyarakat jenjang diploma (D3) dan 124 mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi jenjang Strata Satu (S1).

135 Mahasiswa STIKOM itu tersebar di 31 tempat di Kota Jayapura dan sekitarnya. Panitia pelaksana PKN, Karmin Lasuliha, S.Kom mengatakan ” PKN Kampus STIKOM Jayapura angkatan ini, kami tempatkan mereka pada berbagai instansi, baik istansi pemerintah dan juga swasta. Hal ini memberi ruang yang tepat kepada mahasiswa STIKOM untuk langsung berproses dengan bidangnya masing-masing, sesuai ilmu dan pengetahuan yang mereka pelajari selama di kampus, tapi juga mereka dapat mengetahui cara kerja dan hal-hal lainnya dari tempat PKN tersebut”.

Karmin juga menambahkan bahwa ” Mahasiswa STIKOM jurusan Ilmu Komunikasi (S1), terdiri dari 3 konsentrasi yaitu Jurnalistik, Public Relations dan Broadcasting. Mahasiswa dari tiga konsentrasi ini ditempatkan langsung pada bidang mereka, yaitu di media cetak, elektronik dan lainnya di kantor pemerintah serta Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)”.

Bertempat di Kampus STIKOM pagi tadi, mahasiswa PKN/Magang tersebut dilepas oleh Ketua STIKOM Muhammadiyah Jayapura yang diwakilkan oleh Drs. H. Rusdy Anwar, M.Si, selaku wakil ketua dua. Mahasiswa tersebut langsung menuju tempat tujuan PKN masing-masing sesuai arahan.
??????????
Dari 135 Mahasiswa, enam diantaranya PKN di Jaringan Kerja Rakyat (JERAT) Papua. Bertempat di jalan Bosnik BTN Kampkey Abepura, keenam mahasiswa itu disambut baik oleh pimpinan dan staff JERAT.

Engelbert Dimara, selaku Manager Office JERAT Papua mengatakan ” mewakili Pimpinan JERAT Papua, kami sangat merespon baik kehadiran mahasiswa yang akan melakukan PKN selama 3 minggu di sini. Diharapkan mahasiswa-mahasiswa ini dapat berproses langsung dalam lingkungan kerja JERAT Papua, sesuai dengan ilmu dan kemampuan yang mereka miliki dari kampus”. jelasnya.

Engelbert juga menambahkan, “kerja JERAT adalah kerja kemanusiaan bagi masyarakat adat Papua, bergerak pada isu Sumber Daya Alam, Hak Ekonomi, Sosial dan Budaya. Diawal tahun ini, JERAT baru saja merancang rancana strategis JERAT untuk 5 tahun ke depan. Dari kegiatan itulah JERAT telah menyepakati beberapa point untuk dikerjakan kedepan sebagai lembaga yang berfokus pada pengorganisasian dan penguatan kapasitas masyarakat adat”.

Mewakili Mahasiswa PKN angkatan XI, Sabda Nawarisa mengatakan ” kami sangat senang bisa ditempatkan pada LSM, media cetak, radio, TV dan kantor. Kami di JERAT Papua berjumlah enam orang yang terdiri dari 3 orang konsentrasi Public Relations (PR) dan 3 orang dari konsentrasi Jurnalistik. Saya (Sabda), Jamaludin Patur, dan Salmon Degei adalah mahasiswa konsentrasi PR, sedangkan Kornelius Pardjer, Romi Kogoya dan Yosafat Asso dari konsentrasi Jurnalistik”.

Ketika ditanya harapannya, Sabda mengatakan “Kami sangat nyaman di JERAT Papua, hal itu terlihat ketika kami disambut baik hari ini. Kami harap, staff JERAT Papua dan kami dapat bersinergi dalam kerja, bimbingan dan berbagai proses lainnya selama kami PKN”, ungkapnya dengan penuh senyum.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here