Jurnalis Warga dan MSF Mengikuti Pelatihan SMS Gateway

0
101

Jayapura,Bertempat di aula Diklat Sosial, Tanah Hitam, Abepura, Kamis (9/4/2015) Jaringan Kerja Rakyat (Jerat) Papua kerja sama dengan Kinerja USAID gelar pelatihan Short Message Service (SMS) Gateway kepada Jurnalis Warga, Petugas Kesehatan dan masyarakat termasuk Multy Stakeholder Forum (MSF).

Markus Imbiri, Fasilitator pelatihan, mengatakan pelatihan ini dibuat dengan maksud agar menjadi wadah untuk saling berbagi informasi pada isu pelayanan kesehatan di Papua dan memberikan penguatan kapasitas kepada jurnalis warga.

“Petugas kesehatan dan masyarakat sangat membutuhkan informasi terkait hak-hak kesehatan dalam konteks memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas terutama kepada kesehatan ibu dan anak, integrasi HIV dalam pelayanan kesehatan ibu dan anak. Juga pelatanan kesehatan terkait koinveksi HIV dan TBC serta kesehatan ibu dan anak yang menjadi korban kelerasan,” jelasnya.

Dikatakan, tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk memberikan penguatan kapasitas kepada jurnalis warga, petugas kesehatan dan masyarakat. Selain itu melalui kegiatan ini dapat membangun jaringan informasi, kerja sama antar masyarakat, antar masyarakat dengan petugas kesehatan dapat berkembang informasi untuk perubahan layanan publik serta pemerataan informasi di tanah Papua.

“Kami berharap terbagun informasi bersama dari jurnalis warga, petugas kesehatan dan masyarakat terupdate pada website Jerat Papua sebagai central publikasi dengan mengutamakan kaidah jurnalistik. Juga diharapkan ada kesepahaman bersama dari JW, petugas kesehatan dan pengelolah untuk mempublikasikan informasi kepada masyarakat umum,” ujar Imbiri.

Sementara itu, Victor Mambor, Pemimpin Redaksi Koran Harian Jujur Bicara (Jubi) mengatakan, SMS gateway atau laporan SMS warga merupakan salah satu sarana yang digunakan untuk memudahkan masyarakat untuk berperan aktif mengirim laporan setiap peristiwa apa pun yang terjadi di sekitarnya melalui SMS gateway atau SMS warga.

“Karena untuk mengakses internet dan lainnya masih sangat sulit di Papua. Sehingga setelah mendapat laporan itu, langsung kita tindak lanjuti ke para pengambil kebijakan. Dan itu yang salama ini kami gunakan di Jubi. Karena di Jubi untuk laporan warga dikenal dengan nama SMS warga,” katanya.

Maka SMS gateway ini sarana yang paling mudah diakses oleh siapa pun. Dan bisa digunakan oleh siapapun dalam hal mengirim laporan atas setiap peristiwa yang terjadi di sekitarnya. “Kegunaannya adalah ketika laporan masuk lalu kita juga melaporkan,”katanya. (Arnold Belau)

Sumber : http://tabloidjubi.com/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here