Lulusan SMP YPPG1 Yahukimo”Ingin Jadi Pilot”

0
185

Wajah ceria dan penuh semangat juga terpancar di Paulus Kaningga. Lulusan SMP YPPG1 Kabupaten Yahukimo ini akan melanjutkan di SMA di Jawa Timur.

“Saya bersyukur pada Tuhan, sehingga saya bisa belajar di Jawa,” kata Paulus.

Paulus yang mendapatkan rangking 2 di sekolahnya ini mempunyai cita-cita sebagai pilot. Alasannya menjadi pilot, karena di kampung halamannya di daerah pegunungan, yang kekurangan pilot.

“Saya ingin menjadi pilot, karena di Yahukimo kekurangan pilot,” tuturnya. Minggu (9/8/2015) seperti dilansir detik.com.

Yahukimo merupakan salah satu daerah di Papua yang transportasi lalu lintasnya dari dan keluar Yahukimo dengan modal angkutan darat. Bahkan, dari kecamatan ke kecamatan lain di daeah pemekaran dari Kabupaten Jayawijaya ini, juga menggunakan pesawat kecil atau heli milik misionaris.

“Tenaga pilot sangat dibutuhkan, biar banyak penerbangan,” tuturnya.

Ia mengaku akan giat belajar dan berkawan sebanyak-banyaknya selama menempuh pendidikan setingkat SMA di Jawa Timur.

“Saya mengucapkan terima kasih ke pemerintah. Saya datang ke sini tidak takut. Kita sama dan Papua juga Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujarnya.

“Siapa pun entah dia kulit putih, kulit coklat atau rambut lurus, saya akan berteman,” tandasnya.

Paulus Kaningga adalah salah satu dari 141 anak Papua yang mendapatkan program dari pemerintah pusat ADEM (Afirmasi Pendidikan Menengah) menempuh pendidikan tingkat sekolah menengah atas di Jawa Timur. Mereka bercita-cita ingin menempuh pendiidkan setinggi-tingginya untuk kampung halamannya.

JW Tifa Jayapura (Alldo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here