Memasyaratkan Olah Raga Rugby di Papua

0
143

Jayapura,- Sosialisasi pengenalan Olahraga Rugby yang di pusatkan di Kampus Universitas Cenderawasih  sangat mendapat apresiasi dari mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragawan. Hal ini di tuturkan oleh Imanuel Nunaki selaku Sekretaris Pengurus Persatuan Rugby Union Indonesia (PRUI) beberapa waktu lalu.

“Para peserta yang hadir saat ini memang belum begitu mengenal olah raga Rugby Union dengan baik, namun dari cara mereka menyimak materi sosialisai ini sangat baik,” ujar Sekretaris PRUI. Dikatakannya lagi, ini adalah sosialisasi awal di tahun ini dan Kampus Uncen adalah yang pertama kali kami lakukan kegiatan pengenalan olaraga jenis rugby union.

“Kami akan melakukan sosialisasi selanjutnya di tahun depan, agar peminat olaraga Rugby Union semakin bertambah banyak dan bisa menjadi satu kemajuan nilai olagara di Tanah Papua,” ungkap mantan pemain Rugby Union yang pernah memperkuat Tim Rugby Timika. Imanuel juga mengatakan, sosialisasi ini akan di lakukan di kalangan umum dan target selanjutnya di tingkatan sekolah menengah atas.

Ketika di tanya tentang sejarah masuknya Rugby ke Papua,  Nunaki mengatakan bahwa Rugby masuk ke Papua pada tahun 2009 di Timika. Dan pada tahun 2012 kami mengenalkannya di Jayapura namun sejauh ini memang masih belum banyak yang mengetahui olaraga ini secara meluas.

Ditambahkannya bahwa target kami, Papua bisa masuk dalam Pekan Olahraga  Nasional (PON) 2020 mendatang. “Untuk Kota Jayapura sendiri kami sudah memiliki 20 atlit Rugby Union yang berjuluk Rugby Holandia dan kami di Jayapura sendiri adalah kota kedua dari kabupaten Timika yang sebelumnya memiliki tim Rugby, dan saya sendiri sempat bergabung dengan tim dari Timika pada tahun 2006,” ujar  mantan Presiden mahasiswa Universitas Sains dan Teknologi Jayapura.

Imanuel Nunaki berharap agar pemerintah lebih serius untuk memperhatikan  atlit dan pelatih Rugby Union, sebab sampai saat ini  masih kekurangan fasilitas berupa alat olaraga. Dirinya juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Kota Jayapura, yang mana telah mendukung tim Rugby  dalam kegiatan Bali Open dan persiapan Timika Open di tahun depan.

Walaupun olaraga Rugby Union masih seumur jagung namun dari Tim Rugby Holandia terdapat satu pemain sudah dua kali  memperkuat timnas atas nama Laurens, di tahun 2013 dan di tahun 2015 mengikuti iven Malaysia Open.

( Harun Rumbarar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here