Masalah HIV – AIDS  di Puncak  Capai 7 Kasus

0
228
Sejumlah tenaga medis saat foto bersama di depan Puskesmas Ilaga. Caption foto : Eveerth Joumilena (Jerat Papua)
Sejumlah tenaga medis saat foto bersama di depan Puskesmas Ilaga. Caption foto : Eveerth Joumilena (Jerat Papua)

Puncak, Masalah  HIV – AIDS di Kabupaten Puncak mencapai 7 kasus dari hasil pemeriksaan 2015 – 2016, sehingga semuanya kini dalam perawatan mendapatkan obat antiretroviral (ARV).

Hal ini diakui Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Puncak, Thomas Salamuk, S.Sos, M.Kes., sekaligus menjelaskan, bahwa kasus yang ditemukan adalah hasil pemeriksaan dari tahun 2015 hingga 2016, sehingga akan terus melakukan pemantauan kasus – kasus yang ada.

“Hingga saat ini seluruuh Puskesmas yang tersebaar di delapan distrik di Puncak, dapat melakukan pemeriksaan HIV – AIDS, sehingga selalu rutin melakukan hal tersebut,” ujar Thomas Salamuk, saat dikonfirmasi, Senin (22/3)

Terkait dengan terbatasnya fasilitas pelayanan kesehatan, sehingga pasien – pasien yang ada terkadang mendapat rujukan ke RSUD Mimika, sebab akses ke Timika lebih dekat.

“Sedangkan Rumah Sakit Umum Daerah Puncak akan dibangun dalam tahun 2016, dimana lokasinya telah ditentukan dan akan dipercepat pembangunannya,” jelas Kadis Kesehatan Puncak.

Dirinya menambahkan, harus diakui banyak kekurangan, namun pelayanan kesehatan kepada masyarakat selalu diberikan yang terbaik, dengan memanfaatkan fasilitas yang ada. (Eveerth Joumilena)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here