Pemprov Dorong Lima Unggulan Komoditas Papua

0
248
Sekretaris Derah Provinsi Papua, Hery Dosinaen

Jayapura, Sekretaris Derah Provinsi Papua, Hery Dosinaen menjelaskan Pemprov giat dalam mendukung lima komoditas unggulan yang kini dikembangkan diberbagai daerah di Papua.

“Sudah ada sejak dahulu, yang mana menjadi makanan sehari – hari seperti  sagu dan keladi serta kelapa dan komoditas coklat atau kakao serta kopi termasuk karet dan kelapa sawit, menjadi perhatian pemerintah,” ujar Sekretaris Daerah Papua,  Hery Dosinaen, di Abepura, Selasa (12/4).

Dikatakan, komoditas unggulan sudah ada sejak dahulu kala, sehingga sekarang tinggal pengelolaan dilapangan, termasuk bagaimana memperluas areal komoditas ini.

“Misalnya Kakao sekitar dua tahun ada gagal panen, sebabnya akan didorong peningkatannya, selain melihat wilayah Mamberamo Tami dengan komoditas kakao dan kelapa dalam, yang ditanam sedangkan beberapa wilayah di Dogiyai dengan kopi yang telah ditanam sejak Belanda, serta Merauke dengan komoditas kelapa sawit dan karet,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Papua. Ir. John D. Nahumury, M.Si, menjelaskan, rapat ini bertujuan untuk berkoordinasi dengan kabupaten/ kota di tahun 2016 supaya berjalan dengan baik, berjalan sesuai kegiatan yang direncanakan.

“Perkebunan Provinsi Papua terus mendorong para petani dan pemangku kepentingan di daerah tersebut agar produksi kakao yang sempat menjadi primadona pada 1990-an kembali berjaya di masa kini, selain kita ingin mendapatkan masukan dan tujuan dari persoalan komiditas perkebunan di Papua,” jelasnya.

Diakuinya, dalam rapat ini juga akan dibahas rencana kegiatan 2017, selain bagaimana melihat upaya peningkatan para petani di Papua.

“Jadi harus ada upaya peningkatan pendapatan petani dengan produksinya, selain sharing dengaan kabupaten/kota dan terobosan apa yang akan dilakukan,” ungkapnya.

(Eveerth Joumilena)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here