Ramos Horta Kunjungi Papua Lihat Pembangunan

0
199
RAMOS HORTA

JAYAPURA – Ramos Horta mengatakan dirinya baru saja datang ke Papua dan akan santaai di Papua dan melihat – lihat Papua.
“Saya baru saja tiba di Papua dan belum pernah dan ingin melihat saja,” ujar Ramos Hosta, saat ditanyakan sejumlah wartawan terkait kunjungan ke Papua.
Sementara itu, Kepala Badan Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri Provinsi Papua, Susi Wanggai,menjelaskan, bahwa kunjungan Ramos Horta akan menemui Panglima dan Gubernur dan akan menemui beberapa pihak.
“Maaf untuk saat ini beliau (Ramos Horta) belum bisa menjawab pertanyaan karena baru saja tiba, mungkin setelah bertemu pimpinan daerah lalu akan memberikan keterangan kepada media,” ucap Ibu Susi Wanggai.

Sosok mantan presiden negara Timor Timur yang mungkin lebih dikenal dengan Timor Leste ini bernama Jose Manuel Ramos-Horta. Horta sebelumnya berposisi sebagai Perdana Menteri pada tahun 2006.

Ia menjabat selama 4 tahun setelah Timor Leste menyatakan kemerdekaan dan keterlepasaan dari wilayah Indonesia. Timor Timur secara sah diakui oleh PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) berdiri sebagai sebuah negara dengan kesatuan dan kedaulatan yang independen pada Mei 2002.

Ramos Horta Bersama Para Tokoh Papua
Ramos Horta Bersama Para Tokoh Papua

Dalam perjuangan kemerdekaan Timor Timur, Ramos-Horta diakui sebagai salah satu tokoh yang paling berpengaruh berkat langkah-langkah diplomatis yang dilakukannya. Pada tahun 1996 pria yang lahir di Dili pada 26 Desember 1949 ini mendapatkan penghargaan Nobel perdamaian bersama seorang uskup bernama Carlos Felipe Ximenes Belo.
Sebagai seorang tokoh reformasi Timor Timur, Ramos-Horta mengalami berbagai tantangan, kecaman, bahkan ancaman pembunuhan. Namun semua itu tidak membuatnya lantas menyerah untuk memperjuangkan negaranya. (Eveerth Joumilena)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here