Semua Warga Kampung Kiripun Belum Dapat Kartu KPS

0
183
Foto Dinas Kesehatan Dekai (http://www.yahukimokab.go.id)

Dekai,- Kesehatan adalah sesuatu yang sangat berharga bagi manusia. Jika mengalami sakit tentu saja tidak dapat melakukan aktivitas seperti biasanya. Dalam sektor kesehatan pemerintah telah mengeluarkan beragam kebijakan. Diantaranya program Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang merupakan program dari Presiden Jokowi. Sementara untuk Papua, Gubernur Lukas Enembe mempunyai kebijakan tentang Kartu Papua Sehat. Namun tidak semua warga di Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo memiliki kartu tersebut.

Seorang warga Kampung Kiripun, Demis Kibemuka saat ditemui JERAT Papua di Pasar Lama, Kamis (18 a Agustus 2016) menjelaskan tentang kondisi di Kampung Kiripun yang telah memiliki Pustu tapi belum ada pelayan sehingga masyarakat yang sakit harus berobat ke Puskemas ataupun Rumah Sakit di Kota Dekai. Tentu saja menyulitkan bagi warga yang tidak memiliki motor ataupun saat kebutuhan darurat. Sementara itu saat ditanyakan tentang kebijakan program KPS, Demis Kibemuka menjelaskan bahwa tidak ada sosialisasi bahkan tidak ada pembagian kartu KPS. “Bahkan untu kartu sendiri kami tidak punya. Semua orang di Kampung Kiripun tidak punya kartu tersebut”, ujar Demis Kibemuka.

Sementara itu ditempat terpisah John Ronsumbre, perwakilan UP2KP Yahukimo menjelaskan bahwa memang masih ditemui warga yang belum mendapatkan kartu KPS. Makanya dirinya pun berkordinasi dengan pihak terkait. “Saya sudah meminta kepada Direktur RSUD Dekai, bahwa kalau ada pasien orang asli Papua sesuai dengan kriteria di KPS , walau mereka tidak punya kartu tetapi harus tetap dilayani dengan dicatat nama dan lainnya sesuai dengan persyaratan di KPS” ujar Jhon Ronsumbre.

Terkait dengan masih adanya warga yang mendapatkan kartu KPS maka dirinya akan berkoordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan dan Puskesmas sehingga bisa ditelusuri dimana permasalahannya. (Wirya Supriyadi/JERAT Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here