Ke Yapen, JERAT PAPUA Kunjungi Sarawandori

0
134

Serui,- Jaringan Kerja Rakyat (JERAT) Papua bersama Multistakeholder Forestry Programme (MFP3) mengunjungi kabupaten kepulauan Yapen. Kunjungan ini sekaligus sebagai evaluasi kerjasama yang telah berjalan di Yapen sejak tahun 2016 lalu.

Kunjungan yang berlangsung selama dua hari ini, JERAT mengunjungi Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Model Yapen di Tatui, masyarakat adat di kampung Sarawandori, Dewan Adat Yapen dan masyarakat adat kampung Barawai distrik Raimbawi.

Septer Manufandu dari JERAT Papua, mengatakan kunjungan ini sebagai tindak lanjut kerja-kerja JERAT, MFP3 bersama masyarakat adat Yapen. “Kita sudah bekerja bersama masyarakat adat, dalam waktu satu tahun ini, JERAT dan MFP3 telah membuat draf peraturan daerah (perda) perlindungan hak masyarakat adat yang didasari dari masyarakat dan untuk masyarakat di 7 wilayah adat suku di pulau Yapen ini” jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Julia Kalmirah dari MFP3. “Semua masyarakat dan pihak yang berwenang harus mendorong perda ini, kami bersama JERAT siap membantu, semua ini untuk kebaikan hidup masyarakat adat” ucapnya saat menikmati jamuan makan siang, bakso rumput laut bersama masyarakat Sarawandori. (10/3/2017)

Sambutan hangat masyarakat kampung Sarawandori diutarakan oleh kepala kampung Maikel Karubaba. “Kami sangat berterimakasih jika ada pihak lain membantu kami dikampung ini, Sarwandori adalah kampung wisata, kami juga punya kerajinan makanan lokal yaitu rumput laut. Kami berharap semua pihak dapat bersinergi dengan kami, hingga tujuan bersama dapat terwujud” harapnya.

Mendengar harapan masyarakat kampung Sarawandori, JERAT Papua langsung memberikan kesempatan kepada kelompok perempuan pengrajin rumput laut untuk berdiskusi bersama JERAT. Hasil diskusi itu JERAT Papua akan memberikan bantuan mesin cetak mie dan membantu design kemasan produksi.

Tak hanya itu, JERAT Papua juga menindak lanjuti sistem informasi kampung Sarawandori berbasis website. Tahun 2016 JERAT Papua telah melaunching Website di kampung Sarawandori (baca) , tahun ini JERAT Papua mendorong sistem offline dengan aplikasi SIAP (sistem Informasi Administrasi Pedesaan) guna pendataan kependudukan dan administrasi kampung Sarawandori yang lebih baik lagi. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here