DAK Kaimana Kagum Sistem Pemerintahan Adat, di Kampung Adat Heram Ayapo

0
75
Ketua Dewan Adat Kaimana (DAK) Yohanes Warfete dan Kepala Administrator Kampung Adat Heram Ayapo Lewi Puhili saat berfoto bersama Penari di Obhe Ondofolo Haram Ayapo, foto : nesta /jeratpapua.org
Ketua Dewan Adat Kaimana (DAK) Yohanes Warfete dan Kepala Administrator Kampung Adat Heram Ayapo Lewi Puhili saat berfoto bersama Penari di Obhe Ondofolo Haram Ayapo, foto : nesta /jeratpapua.org

JERATPAPUA.ORG, JAYAPURA – Dewan Adat Kaimana  Kabupaten Kaimana Papua Barat kagum dengan penerapan system Pemerintahan Adat yang di terapkan di Kampung Adat Heram Ayapo.

Hal itu disampaikan Ketua Dewan Adat Kaimana Yohanes Werfete saat meminpim Tim DAK Kaimana berkunjung sekaligus melakukan studi Banding progres Kampung Adat yang berjalan di Kampung Ayapo Kabupaten Jayapura .

“ kami sangat antusias melihat proses dan system Pemerintahan Kampung Adat di Kabupaten Jayapura terlebih khusus Kampung Ayapo , kedatangan kami mau menimbah ilmu dan mengambil pengalaman motifasi untuk kami kembali dan bisa menerapkan di sana “ ungkap Yohanes Werfete selasa, (22/6/2022).

Lanjutnya setelah melihat dan menimbah pengalaman tentang tahapan dan proses kerja system Pemerintahan Kampung Adat di Kampung Ayapo Kabupaten Jayapura mereka berjanji akan bertemu  Bupati Kabupaten Kaimana untuk segera mendorong pembentukan Perda Kampung Adat di Kabupaten Kaimana “ kami akan bertemu bupati dan mendorong agar kampung-kampung di Kaimana bisa di rubah menjadi kampung adat “ ujarnya.

Sementara itu Kepala Admistrator Kampung Adat Heram Ayapo Lewi Puhili mengakui, budaya dan adat Istiadat antara orang Sentani dan orang Kaimana berbeda tetapi sesungguhnya budaya kita sebagai orang Papua satu, hanya saja modernisasi yang berkembang saat ini menurutnya sedang di kembalikan tatanan Budaya dan Jati diri orang Papua melalui Kampung adat .

“ modernisasi turun-temurun membuat kita harus melakukan ini untuk melindungan kekayaan dan jati diri Budaya kita sebagai orang Papua “ tutur Admistrator Kampung Adat Heram Ayapo Lewi Puhili

Lewi sangat berterima kasih kepada Dewan Adat Kaimana yang berkeinginan besar untuk meniru model Kampung adat di Kabupaten Jayapura , sehingga ini akan mendorong daerah-daerah lain di Papua untuk memacu mengembangkan kampung adat .

“ ini akan membangkitkan semangat jati diri Masyarakat Adat di seluruh Tanah Papua , akan ada reformasi gerakan Kebangkitan Adat untuk mengembalikan budaya dan jati diri yang hamper terkikis “ tambahnya.

Sebelumnya Tim Dewan adat yang selama dua hari melakukan Studi Banding Kampung Adat di Kabupaten Jayapura , telah mendapatkan pemaparan singkat tentang bagaimana Tahapan pembentukan Kampung Adat di Kabupaten Jayapura oleh Pemerintah Daerah, kemudian mengunjungi Sekolah adat yang di bentuk Pemda di Kampung Hobong dan berkunjung secara langsung ke Kampung Adat Heram Ayapo. (nesta)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here