Jokowi Disebut Bakal Hadiri Kongres AMAN, Panen Jagung dan Ikan di Jayapura

0
46
Bupati Jayapura Mathius Awoitauw dan Sekda Papua Ridwan Rumasukun serta OPD Terkait Pemda Kabupaten Jayapura dalam Pemaparan Kongres AMAN ke-IV di Jayapura, foto ; nesta/jeratpapua.org
Bupati Jayapura Mathius Awoitauw dan Sekda Papua Ridwan Rumasukun serta OPD Terkait Pemda Kabupaten Jayapura dalam Pemaparan Kongres AMAN ke-IV di Jayapura, foto ; nesta/jeratpapua.org

JERATPAPUA.ORG, JAYAPURA –  Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut bakal menghadiri pembukaan Kongres Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) di Jayapura pada 24 Oktober 2022.

Kehadiran orang nomor satu di Indonesia di Kabupaten Jayapura tidak hanya untuk membuka Kongres AMAN, tetapi bakal ikut memanen jagung dan ikan milik masyarakat adat setempat.

“Presiden Jokowi juga akan menabur benih ikan di Danau Sentani dan yang saya dengar salah satunya adalah presiden juga akan meninjau hutan sagu bersama masyarakat adat,” ucap Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, Selasa 19 Juli 2022.

Saat ini, kata Mathius Awoitauw, masyarakat adat telah menyiapkan lahan yang akan ditanami jagung dan benih ikan yang berlokasi di Kawasan Kampung Toware, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura.

“Ini menunjukkan bahwa masyarakat adat di Papua sangat cepat merespons isu-isu nasional dan itu akan ditunjukkan kepada presiden dan kami akan membackup itu, sehingga semua berjalan baik,” kata Mathius usai memimpin rapat persiapan Kongres AMAN di Gunung Merah Sentani.

Pembukaan Kongres AMAN akan dilakukan bertepatan dengan hari kebangkitan masyarakat adat di Kabupaten Jayapura, 14 Oktober 2022. Untuk itu masyarakat adat akan menunjukkan karya-karya ketahanan pangan di Kabupaten Jayapura.

Sebelumnya, Mathius Awoitauw menyampaikan, Kongres AMAN akan dilaksanakan pada 12 titik yang tersebar pada 10 titik di Kabupaten Jayapura dan 2 titik di Kota Jayapura.

Kongres AMAN akan dimeriahkan panggung hiburan oleh pemuda adat berbagai Nusantara yang akan berkolaborasi dengan pemuda Papua kreatif. Diperkirakan 6000-an lebih undangan akan datang dalam Kongres tersebut. ***(Sumber : Alan Youwe Jurnalis Kabar Papua/NM)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here