Panitia Harapkan Kampung Waena , Tampilkan Berbagai Kesenian Heram Ohei di Pesta KMAN VI di Bhuyakha Sentani

0
35
Tokoh Adat Kampung Waena saat berpose bersama Panitia Lokal KMAN VI di Kampung Waena, foto : nesta /jeratpapua.org
Tokoh Adat Kampung Waena saat berpose bersama Panitia Lokal KMAN VI di Kampung Waena, foto : nesta /jeratpapua.org

JERATPAPUA.ORG, JAYAPURA-  Kordinator Tim Kunjungan Panitia Kongres Aliansi Masyarakat Adat Nusantara KMAN VI di Tanah Tabi Pdt. Albert Yoku,STh, mengharapkan masyarakat Adat di wilayah Ralibhu Sentani Timur dapat menyambut 2000  peserta KMAN VI di Bhuyakha dengan Budaya Tradisional setempat.

Hal itu di sampaikan Pdt. Albert Yoku saat mengunjungi dan berpamitan dengan para tokoh adat di Kampung Waena Distrik Heram Kota Jayapura  , Panitia mengharapkan adanya peran aktif masyarakat adat di Kampung Waena dengan mengedepankan nilai-nilai budaya lokal serta seniman lokal orang Waena sebagai satu kesatuan Suku Heram ” jadi Waena sebagai Bagian kesatuan dari Bhuyakha dan Heram , Senin lokal sanggar- sanggar seperti Hongong dan Beberpa sanggar dapat di libatkan ” ungkap Albert Yoku Senin, (15/8/2022).

Yoku Juga memintai keterlibatan Kampung Waena sebagai satu kesatuan dengan masyarakat Bhuyakha sehingga dapat menjadi peserta dan penjamin Kenyamanan tamu yang datang di pelaksanaan KMAN VI yang akan berlangsung dar 24 -30 Oktober 2022 mendatang.

Sementara itu Ketua BP AMAN Papua Benhur Wally menegaskan tokoh-tokoh adat di Kampung Waena harus menyiapkan tim dalam kesiapannya mengisi acara pada pelaksanaan KMAN VI di wilayah Bhuyaka oktober mendatang , sehingga memberikan kesan tersendiri bagi peserta KMAN yang jumlahnya mencapai 2000 peserta, sehingga kampung waena tidak dimasukan dalam akomodasi karena tidak menerima tamu namun waena masuk dalam tim penyambutan dan pengisi acara baik tari-tarian dan beberapa atraksi lainya “waena  menyiapkan materi untuk mengisi acara  sehingga lokasi expo budaya Bhuyaka dapat di ramaikan di nolokla khusus untuk orang bhuyaka punya tempat expo “tuturnya .

Lanjut Benhur wally menyatakan bahwa waena dan Kampung Yoka akan masuk dalam Bhuyaka sehingga segala aktifitas mengenai KMAN VI akan melibatkan dua kampung tersebut sebagai bagian dari satu kesatuan Heram dan Bhuyaka

Albert Hendambo Tokoh Adat Kampung Waena memgaku senang dengan pelaksanaan ini, sehingga dirinya akan melakukan komunikasi dengan tokoh-tokoh di Kampung Waena , termasuk Pimpinan-pimpinan sanggar di kampung Waena , sesuai dengan arahan panitia Lokal KMAN dalam menyukseskan pelaksanaan KMAN VI ini ” saya akan komunikasi dengan Beberpa tokoh di Kampung, sehingga sukses pelaksanaan KMAN ini dapat kami sampaikan secara baik kepada seluruh masyarakat Kampung Waena ” ujarnya.

Usai mengunjungi Kampung Waena Tim  Ralibhu/ Sentani Timur juga melakukan kunjungan di Kampung Kleblouw dan menyampaikan progress kesiapan masyarakat adat setempat dalam menyambut Kongres Masyarakat Adat Nusantara ke VI di Tanah Tabi terlebih khusus di Bhuyaka sentani . (nesta)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here