DEPUTI 4 ISTANA PRESIDEN DI PASTIKAN BUKA KONGRES I PEMUDA ADAT TABI DI KOTA JAYAPURA

0
106
Aris Kreuta Ketua Pantia Kongres I Pemuda Adat Tabi foto : nesta/jeratpapua.org
Aris Kreuta Ketua Pantia Kongres I Pemuda Adat Tabi foto : nesta/jeratpapua.org

JERATPAPUA.ORG, Jayapura – Kongres I Pemuda Adat Tabi  yang akan berlangsung pada senin, 6 -8 September 2022 akan dibuka oleh Deputi 4 Istana Kepresidenan RI  dan juga Ketua Lembaga Masyarakat Adat Papua Lenis Kogoya di Kota Jayapura .

Aris Kreuta Ketua Panitia Kongres I Pemuda Adat Tabi menyampaikan pelaksanaan kongres yang sedianya di lakukan pada 29 agustus tersebut, namun karena satu dan lain hal sehingga di undur hingga senin, 6-8 september 2022  di aula Balai Pelatihan Kementerian Sosial Kamkey Abepura Kota Jayapura .

Aris menegaskan pembukaan Kongres  satu pemuda adat Tabi tersebut akan di bukan oleh Deputi 4 Istana Kepresidenan RI  dan Juga Ketua Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Papua Lenis Kogoya.

“Deputi 4 Istana Kepresidenan RI  akan membuka langsung keguatan ini, disampaing itu beliau juga sebagai Ketua Masyarakat Adat Papua” tegas Aries Kreuta sabtu,(04/9/2022).

Selain di hadiri oleh Deputi 4 Istana Kepresidenan RI  , Ketua Panitia Kongres Pertama Pemuda Adat Tabi juga memastikan , tokoh-tokoh penting Tabi juga akan hadir seperti , Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, Bupati Keerom Pieter Gusbager , Pj Walikota Jayapura Frans Pekey, Pj. Bupati Sarmi, Bupati Mambramo Raya Jhon Tabo .

Selain tokoh penting ada juga tokoh-tokoh Inspirator tanah tabi yang turut mn-enjadi pembicara seperti Barnabas Suebu, Jhon Ibo, dan Staf Ahli kemensos RI Benhur Tomi mano .

“ada tokoh-tokoh penting tanah tabi yang turut hadir , mereka akan memberikan materi selama beberapa hari kegiatan kongres natiny “tutur Aris

Tujuan pelaksanaan kongres Pertama Pemuda Adat Tabi tersebut , yakni memproteksi iplementasi pelaksanaan otonomi Khusus jilid dua , hak-hak orang tabi di atas tanahnya . dan progress kawal pemekaran DOB yang terjadi di tanah papua serta manfaatnya bagi kelamgsungan orang tabi termasuk hak politik.

“ tujuan utama kongres iplementasi otsus bagi kesejahteraan orang tabi, dan hak-hak orang tabi di atas negerinya “ujarnya.

Pantia Kongres Pertama Pemuda Adat Tabi juga menyampaikan terimakasih kepada Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, Sekda Kabupaten Jayapura Hana Hikoyabi, Staf Ahli Kemensos Benhur Tomi Mano atas dukungannya hingga  kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik. (nesta)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here