AKTIFITAS WARGA TERGANGU AKIBAT LUAPAN KALI JEGANIM BOVEN DIGOEL

0
15
salah satu Wwarga Awayanka Distrik Mindiptana Kabupaten Boven Digoel, saat menyebrang Rendaman Air kali Jeganim , foto : nesta/jeratpapua.org
salah satu Wwarga Awayanka Distrik Mindiptana Kabupaten Boven Digoel, saat menyebrang Rendaman Air kali Jeganim , foto : nesta/jeratpapua.org

JERATPAPUA.ORG, BOVENT DIGOEL – Aktifitas masyarakat Kampung Awayanka Distrik Mindiptana Kabupaten Boven Digoel terganggu dikarenakan luapan kali Jeganim yang menggenangi perkampungan warga.

hal ini disampaikan salah seorang warga Awayanka Distrik Mindiptana Kabupaten Boven Digoel Yonas Nekatmo  bahwa aktifitas warga di kampung tersebut dan kampung-kampung sekitar tergangu akibat luapan air yang menggenangi pemukiman warga, akibat luapan kali Jeganim .

“ kami sangat terganggu karena  kejadian ini, saat itu saya Bersama dengan teman-teman kader Kampung Awayanka sedang melakukan pendataan Penduduk. Di wilayah yang terdampak “ Yonas Nekatmo , jumat, ( 9/9/2022).

Selain menggenangi pemukiman warga Luapan air ini juga sangat mengganggu aktifitas anak-anak sekolah dan guru-guru  yang hendak melakukan aktifitas proses belajar-mengajar, demikian juga petugas medis yang hendak menjalankan tugas pelayanannya.

“ anak-anak mau kesekolah juga tergangu , karena akses terputus akibat tinggi air hampi paha orang dewasan “ tuturnya .

Musibah yang terjadi ini  dikarenakan hujan deras yang mengguyur Dsitrik Mindiptana selama 1 (satu) minggu.

Sekretaris Kampung Awayannka, Barnabas Kalo  luapan air ini sudah sering terjadi jika adanya hujan deras di sini, pemerintah Kampung sendiri suda merencenakan untuk membuat jembatan yang lebih tinggi namun alokasi dana Kampung yang ada tidak cukup untuk membangun jembatan tersebut, sehingga pihak nya mengharapkan Pemerintah Kabuapaten dan OPD terkait dapat membantu pembangunan jembatan ini demi masyarakat Kampung.  (nm/Luki ).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here