TEH GAHARU DAN SAMBAL SIPUT DI PAMERKAN MAMA WAROPEN PADA PEMBUKAAN KMAN VI

0
5
Teh Gaharu Salah satu Produk Lokal yang di Tampilkan pada Pameran UMKM KMAN VI, foto : nesta /jeratpapua.org
Teh Gaharu Salah satu Produk Lokal yang di Tampilkan pada Pameran UMKM KMAN VI, foto : nesta /jeratpapua.org

JERATPAPUA.ORG, JAYAPURA – Mama Waropen sebagai duta -duta Masyarakat Adat dari Kabupaten waropen , selain membawa misi sosial soal hak -hak masyarakat adat mereka juga menampilkan aneka kuliner khas asli waropen .

Teh Gaharu dan Sambal Siput salah satu aneka kuliner yang di pamerkan oleh ibu-ibu asal waropen tersebut di salah satu stan UMKM yang di siapkan Panitia Kongres Masyarakat Adat Nusantara KMAN VI Tahun 2022 , di stadion Barnabas Youwe Sentani .

Mama Ina salah satu pembuat Teh Gaharu dari waropen menuturkan produk teh Gaharu ini sudah mereka produksi menggunakan bahan alam tradisional dari pohon gaharu di produksi sendiri oleh kelompok usaha yang di bentuknya di negeri bakau itu.

” Kami produksi sendiri , bahanya dari kayu gaharu sangat bermanfaat juga untuk beberapa jenis penyakit ” ungkap mama Ina Senin, (24/10/2022).

Lanjutnya produk Teh Gaharu dan Sambal Siput ini sudah di produksi  saat perhelatan PON XX 2021 lalu, namun kurang mendapatkan pasar, sehingga produk mereka kurang terjual .

” Kami sudah produksi saat PON tapi begitu , tidak ada pasar yang bagus untuk kami ” katanya.

Selain teh sambal Siput juga merupakan produk lokal Negeri Seribu Bakau yang di produksi dari bahan Baku Siput dan kerang yang di olah secara profesional.

” Siput juga kami ambil dari alam waropen dan sangat mudah mendapatkannya” ujarnya.

Produk-produk lokal ini akan di tampilkan pada perhelatan UMKM Kongres Masyarakat Adat Nusantara KMAN VI yang akan berlangsung 24 -30 Oktober 2022 mendatang.(Nesta – MC KMAN VI )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here