NUSANTARA FUN SOLUSI “MEMBANGUN SISTEM PENDUKUNG PENDANAAN UNTUK PENGUATAN ORGANISASI RAKYAT DAN MASYARAKAT ADAT”

0
62
Yo Riya di Kampung Yokiwa Serasehan Dua, foto : nesta /jeratpapua.org
Yo Riya di Kampung Yokiwa Serasehan Dua, foto : nesta /jeratpapua.org

JERAT PAPUA.ORG, JAYAPURA –  Edo Rahman  Deputi Eksternal Wahana Lingkungan Hidup ( WALHI) meyakini bahwa Nusantara Fun mampu meningkatkan pendapatan Ekonomis Masyarakat , dalam upaya mempertahankan wilayah hutan adat mereka.

Hal itu disampaikan Edo Rahman pada Serasehan sesi kedua Rabu, 26/10/2022. Dimana Nusantara Fun merupakan solusi dari thena “Membangun Sistem Pendukung Pendanaan Untuk Penguatan Organisasi Rakyat dan Masyarakat Adat” yang berlamhsimh di Kampung Yokiwa Distrik Sentani Timur Kabupaten Jayapura .

Edo Rahman mengakui bahwa dari segi gagasan kita  semua tahu bahwa  WALHI, AMAN, KPA adalah organisasi yang karakternya mirip-mirip secara infrastruktur mirip-mirip ada nasional dan apa yang dikerjakan   sama sehingga penanganan kasus penguatan organisasi rakyat peningkatan kapasitas bahkan urusan-urusan sampai kelompok-kelompok masyarakat itu juga diurus.

“ kita berkomitmen untuk melakukan ini yang paling penting sebenarnya bahwa kita sama-sama ingin membesarkan Gerakan Rakyat Indonesia, gerakan lingkungan hidup ,gerakan petani gerakan masyarakat adat gerakan perempuan semuanya kita ingin besarkan.”ungkap Edo Rahman dalam sesi diskusi Serasehan Kedua di Kampunga Yokiwa Rabu,(26/10/2022).

Sehingga dirinya menambahkan yang  digagas oleh Nusantara fun ini bisa bermanfaat maksimal buat masyarakat adat,  komunitas lokal , kelompok petani , nelayan,  kelompok perempuan Bahkan kelompok anak muda hari ini. Sehingga mereka mampu  bergerak bersama-sama untuk mewujudkan yang namanya gerakan rakyat.

“ begitu banyak tantangan dengan kita hadapi bahkan tantangan krisis iklim hari ini pun kita diperhadapkan bagaimana komunitas kita bertahan ,bagaimana komunitas kita tetap bertahan hidup dan meneruskan kehidupannya di masa yang akan datang.”tuturnya.

Wowo  salah satu peserta daru Komunitas Masyarakat adat Udi Rongkong mengakui bahwa Dengan apa  yang terjadi di masyarakat adat dirinya  kami optimis dengan adanya gagasan untuk menerapkan Nusantara FUN  masyarakat adat akan di berdayakan .

“ Dengan apa yang disampaikan  kami optimis karena kami sebagai masyarakat adat akan diberdayakan,     masyarakat Udi Rongkong kami secara turun temurun suatu peristiwa keberadaan kami bagaimana merangkum semuanya kearifan lokal dalam bentuk berkelanjutan “ujarnya Wowo.

Dirinya berharap  dengan program tersebut  bagaimana langkah mereka sebagai masyarakat Adat mampu  mendatangkan pendanaan atau program dari Nusantara Fun atau DGMI dan Shamdana mereka tetap  lestari dan berkembang. (NESTA – MC KMAN )

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here