AMAN Jayapura Target Bentuk BUMA Bagi Tiga Suku di Kabupaten Jayapura

0
147
Masyarakat Adat Kabupaten Jayapura saat mengikuti Pawai Budaya Pembukaan KMAN VI Tahun 2022 di Tanah Tabi, foto : nesta/jeratpapua.org
Masyarakat Adat Kabupaten Jayapura saat mengikuti Pawai Budaya Pembukaan KMAN VI Tahun 2022 di Tanah Tabi, foto : nesta/jeratpapua.org

JERAT PAPUA.ORG, JAYAPURA – Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Jayapura menargetkan pendirian Tiga Badan Usaha Milik Masyarakat Adat (BUMA) di Tigas Suku Besar di Kabupaten Jayapura .

Ketiga Suku Besar yang menjadi fokus Pendirian Badan Usaha Milik Masyarakat Adat (BUMA) Jelas Ketua AMAN Jayapura Benhur Wally , yakni BUMA Suku Namblong , Buma DAS Bhuyaka dan BUMA DAS Tepera.

“kita focus di Bumas Namblong , Bhuyaka (Sentani ) , dan Tepera Sebelah Selatan ( Depapre ) kita coba fasilitasi betapa pentingnya BUMA bagi kemajuan pembangunan Ekonomi masyarakat adat agar tidak di susupi Investor “jelas Ketua AMAN Jayapura Benhur Wally senin, ( 06/02/2023).

Benhur Wally mengungkapkan kehadiran BUMA di tengah suku dan Masyarakat Adat , untuk mengelola investasi kekayaan alam masyarakat Adat sehingga masyarakat adat harus paham pentingnya BUMA bagi mereka dalam mengelola Sumberdaya alam oleh mereka dan untuk mereka .

“ wujudnya masyarakat Adat  tidak tergoda Investor dan mereka beriventasi sendiri, dan mengelola sumberdaya alam mereka sendiri tampa campur tangan pihak lain “katanya.

Benhur Wally berharap , BUMA sebagai bentuk investasi Masyarakat Adat terhadap penyelamatan kawasan Masyarakat Adat dari hasil Sumberdaya alam mereka  , baik sumberdaya alam laut , Sumber daya Alam dari hutan , hasil hutan , Perkebunan dan pertanian bagi para pelaku yang berada di lembaga Adat masing-masing . (nesta )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here