KESAN DUTA MASYARAKAT ADAT BATAK SAAT TIBA DI JAYAPURA “ TERNYATA PAPUA LEBIH DAMAI TIDAK ADA KONFLIK BERSENJATA “

0
95
Masyarakat Adat Batak saat tiba di Kabupaten Jayapura Untuk Registrasi , foto : nesta/jeratpapua.org
Masyarakat Adat Batak saat tiba di Kabupaten Jayapura Untuk Registrasi , foto : nesta/jeratpapua.org

JERAT PAPUA.ORG, JAYAPURA –  Duta-duta masyarakat Adat Suku  Batak dari Provinsi Sumatera Utara , sangat berkesan saat menginjakan kaki  di  Papua kabupaten Jayapura sebagai peserta kongres Masyarakat Adat Nusantara KMAN VI 24-30 oktober 2022, ternyata isu-isu dan pemberitaan di media masa soal situasi konflik di Papua tidak seperti yang mereka bayangkan “ternyata Papua lebih Aman damai tidak seperti yang kami baca dan simak dari media-media mainstrem.”

“ memang kalau mendengar Papua , kalau kita melihat media mainstream digambarkan papua ada konflik bersenjata ‘ternyata tidak ada ‘setiba di bandara Jayapura informasi tersebut  tidak benar , justru damai “ungkap Roganda Simanjuntak Ketua Badan Pengurus Harian Aliansi Masyarakat Adat Nusantara AMAN wilayah Tanah Batak sabtu, (22/10/2022).

Kesan tersebut di utarakan Roganda Simanjuntak Ketua Badan Pengurus Harian Aliansi Masyarakat Adat Nusantara AMAN wilayah Tanah Batak , mereka   menepis anggapan sebagian besar orang di luar Papua yang melihat papua dan menganggap papua sebagai wilayah konflik bersenjata, ternyata kondisinya tidak seperti itu  bahwa Papua Damai dan masyarakat Papua cukup ramah dalam menyambut mereka saat tiba .

“kita bersyukur bisa tiba dengan selamat di tanah adat tabi dengan selamat , selain perjalanan cukup panjang kalau mendengar papua kami cukup cemas , tapi saat tiba tidak seperti itu “tuturnya.

Roganda Simanjuntak menambahkan bahwa jumlah Kontingen dari kontingen duta masyarakat Adat Batak Sumatera Utara sebanyak 76 orang, pihaknya berharap ada keputusan-keputusan terbaik untuk memperjuangkan hak-hak masyarakat adat Batak yang selama ini di suarakan.

Sementara itu Ketua Kerukunan Masyarakat Batak (KMB) Kabupaten Jayapura Sihar L Tobing, SH mengakui sejak awal pihak KMB kabupaten Jayapura sudah melakukan persiapan-persiapan dalam menyambut perserta KMAN VI daru sumatera utara sejak bulan juli lalu.

“ kami sudah melakukan persiapan sejak lama  untuk melakukan penyambutan peserta dari sumut , sesuai arahan Bupati bahwa setiap Paguyuban harus terlibat aktif minimal menjemput dan memberikan arahan singkat “ujar Sihar Tobing .

Anggota DPRD Kabupaten Jayapura dari Partai Golongan Karya ini juga menegaskan bahwa KMB siap membantu panitia  dan pemerintah Kabupaten Jayapura , serta duta-duta masyarakat Adat dari batak Sumatera Utara bagaimana memperlancar suksesnya KMAN VI di tanah Tabi. (Nesta –MC KMAN VI)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here