JERAT PAPUA GELAR PELATIHAN APLIKASI “SIO PAPUA” BAGI KADER KAMPUNG SE-DISTRIK MINDIPTANA KABUPATEN BOVEN DIGOEL

0
264
Masyarakat Adat di Boven Diegol saat mengisi Formulir Pendataang OAP untuk SIO Papua, foto : Rendy/jeratpapua.org
Masyarakat Adat di Boven Diegol saat mengisi Formulir Pendataang OAP untuk SIO Papua, foto : Rendy/jeratpapua.org

JERATPAPUA.ORG, JAYAPURA – Jaringan Kerja Rakyat (JERAT) Papua menggelar Pelatihan Sistem Informasi Orang Asli Papua “Sio Papua” Bagi Kader Kampung Se-Distrik Mindiptana Kabupaten Boven Digoel

Pelatihan  dilaksanakan selama 15 hari  (22 Juli 2022 – 06 Agustus 2022K,   setelah 2 hari mendapatkan teori teknik Pendataan penduduk dan penginputan data pada apalikasi SIO PAPUA, peserta di libatkan turun langsung  untuk melakukan Pendataan penduduk di masing-masing Kampung dengan melibatkan RT/RW dikampung.

Sekretaris Kampung Epsembit Distrik Mindiptana  Maksimus Ambomuyu Pelatihan Pendataan Penduduk dan pengolahan aplikasi SIO PAPUA sangat penting bagi Kampung-kampung  karena hal ini  dibutuhkan sebagai data base kampung  “kami butuh data base kampung yang valid yang diolah dalam suatu Aplikasi yang kemuadian akan kami gunakan untuk merencenakan pembanguan di Kampung” ungkap Maksimus Ambomuyu Rabu, (3/8/2022) .

Lanjut Maksimus  selama ini perencanaan di Kampung dilakukan tanpa data sehingga program pembanguan tidak tepat sasaran. Pihaknya bahkan memberikan apresiasi dan terimakasih kepada Lembaga Jerat Papua yang telah membantu Kami dalam melengkapi data base di kampung kami, terlebih lagi data ini langsung dikerjakan oleh anak-anak kampung yang telah ditunjuk menjadi Kader-kader kampung,” kami harap kegiatan di Kampung itu seperti ini, karena anak-anak kami di Kampung yang diberdayakan untuk melakukanan pekerjaan ini.”tuturnya.

Salah satu Kader Kampung Niyimbang Sisilia Kayom  menyampaikan    pelatihan ini sangat penting bagi Kampung, aplikasi “SIO PAPUA” juga sangat bagus karena setelah  mengikuti materi, dirinya melihat bahwa batapa pentinngya data base bagi Kampung  untuk mengetahui jumlah penduduk, data sosial, pembangunan dan lainnya,” sebagai seorang perempuan saya sangat siap untuk mendata masyarakat kampung saya karena di kampung tidak ada data yang akurat, selama ini pemerintah Kampung pake data lama untuk bikin program. “Ungkapnya.

Sisilia juga berharap jika data kampung lengkap maka Pemerintah Kampung akan gunakan untuk menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kampung (PJMK) sehingga program itu benar-benar dapat menjawab permasalahan di Kampung, dan di Kampung kami punya pangkalan data yang akan diguanakan untuk kepentingan pembanginn Kampung.

Hal senada juga disampaikan oleh Kristoforus Endewip Kader Kampung  Epsembit, mengatakan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat, karena selama ini  tidak ada data, untuk buat RPJMK di Kampung hanya diputuskan program seenaknya tanpa data, “dalam kesempatan ini saya mewakili teman- teman pemuda mengucapkan banyak terima kasih, karena dengan pelatihan ini kami dapat mendata potensi-potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia di kampung, kemudian kami akan memprogramkan bagi Kampung kami “ujarnya.

Pendataan Penduduk orang asli Papua melalui system informasi orang asli Papua (SIO PAPUA) adalah salah satu metode untuk mengetahui jumlah data terpilah orang asli Papua (OAP) dan non OAP,  keadaan Sosial, asset-aset yang dimiliki sehingga mempermudah Pemerintah, baik itu Pemerintah Provinsi, Kabupaten, Distrik dan Kampung dalam merencanakan pembangunan bagi masyarakat. Hal ini juga sejalan dengan amanat undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, pasal 86 bahwa sistem  Informasi Pembangunan Kampung dan Pembangunan Kawasan Perdesaan menjadi bagian yang sangat penting  dalam pembangunan Kampung. Pemerintah Kampung mempunyai kewajiban menginformasikan perencanaan pembangunan dan pelaksanaanya sebagaimana harus dicantumkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kampung  (RPJM-Kampung), Rencana Kerja Pemerintah Kampung (RKPK) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Kampung (APBKamp) kepada masyarakat Kampung melalui layanan informasi  kepada umum.(nesta/Rendy)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here