Kelompok Letsem Perempuan Yoboi , Raub Untung dari Jual Sagu Bakar di FDS XIII

0
41
Sekda Kabupaten Jayapura Hana Hikoyabi saat membeli sagu pisang kelapa Bakar di salah satu stand Mama asal Kampung Yoboi di FDS XIII 2023, foto : nesta/jeratpapua.org
Sekda Kabupaten Jayapura Hana Hikoyabi saat membeli sagu pisang kelapa Bakar di salah satu stand Mama asal Kampung Yoboi di FDS XIII 2023, foto : nesta/jeratpapua.org

JERATPAPUA.ORG,JAYAPURA – Kelompok Komunitas Letsem Perempuan Kampung Yoboi  Distrik Sentani Kabupaten Jayapura , meraub untung dari penjualan Sagu Pisang Bakar pada pergelaran Festival Danau Sentani (FDS) yang berlangsung 5 -7 Juli 2023 di Pantai Kalkote Distrik Sentani Timur .

Kelompok yang menjadi wadah bagi anak Yatim dan janda ini mendapatkan berkah tersendiri dari hasil penjualan Sagu Pisang Kelapa bakar yang di jajahkan di stannya di kawasan Pantai Kalkote Distrik Sentani Timur Kabupaten Jayapura lokasi pelaksanaan Festival Danau Sentani ke-XIII 5-7 Juli 2023 tersebut.

“ dua hari pelaksanaan FDS Jualan sagu pisang bakar kami cukup laris, sehari bisa laku 50 hingga 60  sagu bakar , dengan rincian perbuahnya Sepuluhribu rupiah   “ungkap Mama Leti Tokoro salah satu anggota Komunitas Letsem dari Kampung Yoboi kamis, (06/7/2023).

Ibu Letih selaku perempuan dari komunitas tersebut mengaku, usaha sagu bakar yang mereka jajaki bersama anak yatim dan janda ini, hanya berjualan di kampung untung yang di raihnyapun sedikit , namun mereka terus bergerak dan memanfaatkan ivent-ivent seperti FDS dan Festival Ulat Sagu sebagai salah satu sarana untuk mengeksplor hasil kerajinan mereka.

“kami hanya berjualan di kampung saja, kalau ada ivent baru kami bisa dapat untuk banyak “katanya.

Hasil olahan dan kerajinan yang mereka hasilnya kebanyakan dari olahan pohon sagu ,mulai dari daun, lidi, pati /tepung sagu dan lainya , bahkan mereka tidak saja menyajikan sagu bakar yang di bungkus daun sagu, tetapi juga kerajinan pernak – pernik juga di jajahkan.

Marni salah satu pengunjung yang sempat kesulitan mendapatkan kuliner cemilan dari sagu akhirnya bisa terpenuhi dengan membeli hasil karya mama-mama dari Kampung Yoboi .

“ini bisa bawa untuk keluarga dirumah, sama-sama makan pake the panas “tuturnya.

Ajang Festival Danau Sentani ke XIII Tahun 2023 ini , meski tidak nampak corak sagu seperti Thema FDS yakni Sagu Is My Live ,sagu adalah hidupku tetapi , tidak sedikit warga masyarakat yang memanfaatkan potensi sagu sebagai bahan promosi sagu di danau sentani , dengan aneka Kuliner sagu bakar , tepung sagu, eskrim hingga berbagai olahan lain . (nesta )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here