PAWAI BUDAYA, RITUAL PENYERAHAN BATU DAN TANAH AKAN MEWARNAI PEMBUKAAN KMAN VI DI TANAH TABI

0
23
Pres Comfrence Panitia Nasional KMAN VI dan Pengurus BP AMAN Pusat , foto : nesta/jeratpapua.org
Pres Comfrence Panitia Nasional KMAN VI dan Pengurus BP AMAN Pusat , foto : nesta/jeratpapua.org

JERAT PAPUA.ORG, JAYAPURA – Pembukaan Kongres Masyarakat Adat Nusantara KMAN VI 24 oktober 2022 , akan di warnai dengan Pawai Budaya  serta ritual Penyerahan Batu dan Tanah kepada Dewan Adat Papua .

Ketua Umum Panitia Kongres Masyarakat Adat Nusantara KMAN VI 2022  Mathius Awoitauw mengatakan pawai budaya yang nantinya memulai start dari lapangan makam Alm. Theys Hiyo Eluay, dan finis dan stadion Barnabas Youwe . kemudian di lanjutkan dengan ritual Penyerahan Batu dan tanah yang dibawa oleh  duta –duta masyarakat adat Nusantara dari masing-masing daerah untuk pembuatan Monumen Nusantara keindonesiaan.

“ ritual  itu akan dilakukan sebelum start pembukaan di Stadion Bas Youwe” Ungkap Ketua Umum KMAN VI Mathius Awoitauw pada konfres pers di hadapan awak media sabtu, (23/10/2022).

Lanjut Bupati Jayapura dua periode tersebut , selain beberapa acara tersebut , panitia juga menyiapkan acara dialog serta beberapa dokumen karya-karya masyarakat adat yang diserahkan oleh pemerintah kepada masyarakat adat , kemudian pentas  kebudayaan tarian dari anak-anak muda di jayapura.

“ dua hari akan berlangsung serasehan ,di 12 titik setelah kembali pleno dan rapat komisi “jelas Mathius Awoitauw.

Pelaksanaan Kongres Masyarakat Adat Nusantara VI tahun 2022 akan berlangsung dari tanggal 24-30 oktober 2022, dengan mengusung Thema “ Bersatu Pulihkan Kedaulatan Masyarakat Adat untuk menjaga identitas Adat yang beragam serta Tangguh Menghadapi Krisis (Nesta – MC KMAN VI )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here