Pra Meeting Persiapan Pesta Budaya dan Seni Kreasi Papua

0
256
Kegiatan “Pra meeting”

Biak,- Dalam rangka persiapan  Pesta Budaya Papua XIV, Festival Seni Kreasi Papua XVII dan Lomba Seni Anak dan Remaja XIII, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Papua  menggelar kegiatan Prameeting. Kegiatan “Pra meeting” ini dibuka oleh Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Papua bapak Yulianus Kuayo , SH mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Papua yang diikuti oleh Dinas Pendidikan Kebudayaan Kabupaten/Kota se Provinsi Papua serta dinas-dinas terkait lainnya yang menangani kebudayaan

“Tujuan dari kegiatan “Pra meeting” ini adalah, bagaimana kita bersama – sama merumuskan bentuk dan jenis kegiatannya untuk dituangkan dalam buku panduan kegiatan pesta budaya Papua, Festival Seni Kreasi Papua dan lomba seni anak dan remaja Papua tahun 2016 , sehingga dalam pelaksanaan ketiga kegiatan tersebut nantinya tidak mengalami permasalahan.” tutur  Kuayo saat menyampaikan sambutan.

Lanjutnya, rencana dari ketiga agenda tersebut  akan di laksanakan pada bulan Agustus 2016 di Jayapura serta membahas hal-hal yang krusial menyangkut kebudayaan di Papua yang di kemas dalam rapat koodinasi kebudayaan se Provinsi Papua.

“Keberhasilan pelaksanaan kegiatan Pesta Budaya Papua, Festival Seni Kreasi Papua dan lomba seni anak dan remaja Papua tahun 2016 di tentukan melalui pelaksanaan Pra Meeting ini sehingga saya harapkan para  Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan tingkat kabupaten/kota, Kepala Bidang Kebudayaan Tingkat Kabupaten/ Kota serta Dewan Kesenian se Provinsi Papua agar mengikuti kegiatan ini baik dan mohon partisipasi dari semua pihak” ajak  Yulianus Kuayo.

Sementara itu, Donatus Warombri selaku Sekretaris Dewan Kesenian Kabupaten Keerom kepada JERAT Papua mengatakan bahwa dirinya  sangat menyambut baik undangan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Papua dalam hal mengangkat nilai – nilai budaya di Tanah Papua.

 “Kami akan dengan senang hati mempersiapkan diri dan para seniman di Kabupaten Keerom guna mengikuti kegiatan di maksud, namun kami juga tidak bisa berharap banyak, sebab kami harus berkordinasi lagi dengan semua pihak yang berkaitan dengan kebudayaan guna mendukung kegiatan ini,”tutur Donatus.

Kegiatan “Pra meeting”
Kegiatan “Pra meeting” (foto : Wirya)

Katanya lagi, memang selama ini kami tak begitu pro aktif dalam mengikuti kegiatan – kegiatan yang bertajuk budaya,  apalagi tingkat provinsi papua.

 “Kegiatan sebesar ini dan tingkat Provinsi Papua dengan nama festival budaya itu sangat luar biasa, “katanya kepada JERAT Papua

Kegiatan “Pra meeting” dihadiri oleh peserta dari 13 Kabupaten yaitu, kabupaten Keerom, Supiori, Mimika, Biak Numfor, Boven Digoel, Merauke, Kepulauan Yapen, Puncak Papua, Paniai, Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura. Kegiatan ini di bagi dalam dua kategori yaitu kegiatan pra meeting dan Rapat Koordinasi Kebudayaan se Provinsi Papua, Kegiatan Pra meeting di laksanakan pada tanggal 9 Juni 2016 sementara kegiatan Rapat Koordinasi di laksanakan pada tanggal 10 Juni 2016 di Hotel Mapia Biak. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here