Selamatkan Teluk Tanah Merah, Papua Diving Academy Tanam Puluhan Terumbu Karang

0
115
Papua Diving Academy saat melakukan Penanaman Puluhan Terumbu Karang di Laut Telut Tanah Merah Kampung Tablasupa Depapare, foto : nesta/ jeratpapua.org
Papua Diving Academy saat melakukan Penanaman Puluhan Terumbu Karang di Laut Telut Tanah Merah Kampung Tablasupa Depapare, foto : nesta/ jeratpapua.org

JERATPAPUA.ORG, JAYAPURA – Selamatkan Biota laut yang berada di wilayah perairan Teluk Tanah merah , Papua Diving Academy melakukan penanaman puluhan Rumah Terumbu Karang yang berlokasi di perairan laut Kampung Tablasupa Distrik Depapre Kabupaten Jayapura.

Sopia Melisa Serontou mengakui selaku Direktur Papua Diving Academy Kabupaten Jayapura mengakui, bahwa mereka telah memulai penanaman Rumah terumubu karang di wilayah Teluk Tanah Merah sejak 2021, dan titik penanaman mereka mulai di wilayah Depapre dan beberapa perairan sekitar termasuk kampung Tablasupa.

“ kami menanam sudah sejak 2021, dan saat ini kami tanam di Kampung Tablasupa sebanyak 10 rumah karang untuk memperbaiki terumbu karang yang rusak akibat ombak dan bom ikan “ungkap Direktur Papua Diving Academy Sopia Melisa Serontou , Rabu, ( 25/1/2023)

Kegiatan penanaman terumbu karang yang di laksanakan oleh Papua Diving Academy meruapkan bentuk kepedulian terhadap rusaknya terumbu karang di wilayah perairan teluk Tanah Merah akibat pencarian ikan menggunakan bahan peledak dan juga Kondisi cuaca yang sering terjadi ombak.

Penanaman terumbu Karang tersebut juga menurut Serontou di suport oleh Hapin Papua sejak mereka bergerak pertama kali pada tahun 2021 hingga saat ini , baik dalam bentuk penanaman dan juga perawatan terumbu karang di kawasan perairan sebagai tempat berlindung Biota Laut.

“kami pertama kali pada 2021, baik perawatan dan penanaman sehingga kami intes terus mengawasi terumbu karang yang kami tanam “kata Sopia Serontou.

Kegiatan yang mereka lakukan juga mendapat dukungan dari dinas terkait yakni Dinas kelautan dan Perikanan Provinsi Maupun Kabupaten Jayapura dalam bentuk peralatan pendukung , perahu maupun Kamera bawa laut.

“kami juga mendapat dukungan dari dinas terkait baik peralatan pendukung di laut, seperti peralatan dan Kamera bawa laut “Katanya.

Kegiatan ini jelas Doto Serontou akan terus mereka laukan demi kelestarian  bawah laut di wilayah perairan teluk Tanah merah, sekaligus mendidik anak-anak mudah untuk menjadi pemadu-pemadu wisata dalam mengawasi laut sekitar . “pungkasnya. (nesta )

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here